Sebagai seorang yang sering melakukan perjalanan baik untuk keperluan bisnis atau berlibur mungkin sudah saatnya Anda memiliki asuransi perjalanan (Travel Insurance). Mengapa? Karena asuransi ini dapat melindungi Anda dari kerugian yang mendasar tergantung dari berbagai situasi, diantaranya, pembatalan perjalanan (keberangkatan), kehilangan bagasi, darurat medis, kegagalan pengiriman dan juga kondisi tak terduga lainnya.

Ada beberapa tipe batasan perlindungan yang ditawarkan kepada pemegang asuransi ini. Perlindungan yang diberikan kepada pemegang asuransi perjalanan ini tergantung kebijakan yang dikeluarkan oleh perusahaan asuransi. Ada juga perusahaan asuransi yang bekerjasama dengan perusahaan lain guna melindungi karyawan terhadap kecelakaan baik di darat, laut maupun udara.

Bila Anda memutuskan untuk memiliki asuransi perjalanan sebaiknya Anda tanyakan juga apakah semua atau beberapa permasalahan berikut juga ter-cover dalam klausul perjanjian asuransi Anda:

• Pembatalan perjalanan ini merupakan permasalahan yang paling sering dan juga penting. Biasanya perusahaan asuransi memberikan penggantian atas hilangnya uang muka (deposit) yang telah dibayarkan dimuka jika Tertanggung terpaksa harus membatalkan perjalanannya akibat hal-hal yang tertera didalam polis.

• Penundaan keberangkatan: memberikan biaya penggantian untuk penundaan penerbangan diluar kuasa Anda, seperti cuaca buruk, kerusakan persawat, pemogokan dan lain-lain.

• Kecelakaan atau biaya pengobatan medis: asuransi perjalanan bisa meng-cover kecelakaan, biaya pengobatan, rawat inap, santunan cacat, kematian dan sebagainya.

• Evakuasi medis bekerja sama dengan rumah sakit untuk memindahkan Tertanggung ke tempat berobat lain dengan fasilitas yang lebih lengkap atau kembali ke tempat tinggalnya di Indonesia akibat cedera karena kecelakaan atau sakit karena penyakit dan menanggung seluruh biayanya.

• Keterlambatan, Kerusakan, dan Kehilangan bagasi: Kehilangan atau kerusakan bagasi Anda, koper atau tas termasuk isinya yang dipakai atau dibawa selama perjalanan bisnis Anda dijamin sampai batas yang tertera di dalam polis. Juga ketelambatan bagasi akibat kesalahan perusahaan jasa transportasi tersebut.

• Tiap perusahaan asuransi memberikan perlindungan yang berbeda, ada yang mencakup semuanya seperti di atas, ada juga yang hanya meng-cover sebagian tergantung pembayaran premi yang Anda pilih. Ada pula perusahaan asuransi yang memberikan penggantian terhadap pembajakan, kehilangan uang muka (deposit) sampai kelalaian pemegang polis asuransi terhadap pihak ketiga sehingga mengakibatkan perjalanannya terganggu.

Untuk mendapatkan asuransi perjalanan Anda bisa menanyakan pada Travel Agent atau perusahaan jasa transportasi (darat, laut dan udara), biasanya mereka telah bekerja sama dengan perusahaan asuransi. Tidak seorang pun yang bisa memastikan apa yang terjadi di masa akan datang, sehingga kemungkinan tersebut akan selalu ada. Jadi tidak ada salahnya kalau Anda mulai memikirkan untuk memiliki asuransi perjalanan.

Sumber: Majalah Travel Club

About Travelife Trip

TRAVELIFE is a company dedicated to providing you with efficient low-cost travelling services in Indonesia. We take pride in offering reliable and flexible services with our All Inclusive Price Policy with No hidden costs or last minute surprises. Since the beginning we have built up excellent relationships with our customers. We know the importance of this, and believe in doing our utmost to make sure you receive the help you need before, during and after the booking.

2 responses »

  1. vanekova says:

    tanya kantor travel asurance di malang dimana yah? makasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s